top of page

Eksistensi Penggunaan Bahasa Inggris di Era Globalisasi

Jurnalis : Ra Niyatul Falah

Sumber : Kumparan.com


Di era globalisasi ini, eksistensi bahasa memiliki peran yang sangat penting, terutama fungsi bahasa di Indonesia sebagai alat komunikasi. Hal tersebut juga berlaku untuk Bahasa Inggris yang saat ini menjadi bahasa internasional yang sangat penting untuk dikuasai. Karena Bahasa Inggris digunakan dalam setiap aspek kehidupan seperti ilmu pengetahuan, pendidikan, bisnis dan hiburan.


Belajar Bahasa Inggris merupakan bekal bagi kita untuk melangkah dalam kehidupan globalisasi. Ketika menguasai Bahasa Inggris, seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh, sehingga wawasan di bidang teknologi informasi juga menjadi lebih terbuka. Sebagai alat komunikasi global, Bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif dan baik secara lisan maupun tulisan. Karena Bahasa Inggris merupakan trend globalisasi yang telah menyebar dan berkembang ke seluruh dunia. Tak jarang orang dari berbagai negara sekarang ini bisa berbahasa Inggris. Sebagai trend bahasa yang begitu populer di dunia, diperkirakan bahwa Bahasa Inggris dituturkan oleh sekitar 400 juta orang sebagai bahasa utama dan tambahan 2 miliar sebagai bahasa kedua dan bahasa asing.


Bahasa Inggris sangat mendominasi komunikasi antarbangsa. Tidak bisa dipungkiri jika Bahasa Inggris sangat diperlukan di masa kini. Hal itu karena Bahasa Inggris telah diakui dan disepakati internasional sebagai bahasa resmi yang digunakan secara universal baik dalam dunia teknologi, pendidikan, ekonomi, politik, dan budaya. Hampir semua alat dan teknologi pada masa sekarang ini menggunakan Bahasa Inggris. Melihat kondisi tersebut, memiliki kemampuan Bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat Indonesia untuk mampu bersaing di kancah internasional. Adapun pentingnya penggunaan Bahasa Inggris di era globalisasi antara lain:


1. Era Revolusi Industri 4.0

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), 2018 jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 6,78 juta jiwa atau 5,13% dari total populasi, yang mana berasal dari lulusan institusi pendidikan formal. Disebutkan bahwa salah satu penyebab dari tingginya angka pengangguran di Indonesia adalah tidak sesuainya kompetensi pencari kerja dengan kebutuhan dunia industri.

Pada era dimana persaingan tidak hanya sebatas tingkat nasional, namun hingga kancah internasional. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya sebagai alat pengembangan diri, namun juga dapat menjadi nilai tambah bagi anda dalam mencari pekerjaan.

Perkembangan zaman dan semakin banyaknya perusahaan asing di Indonesia. Mau, tak mau hal ini memaksa para calon pencari kerja untuk mampu berbahasa Inggris dengan fasih. Pasalnya kebanyakan perusahaan ini mencari karyawan yang mampu mengikuti ritme dan komunikasi dengan klien yang berkebangsaan selain Indonesia.



2. Media Promosi

Bahasa Inggris digunakan dalam media promosi Pariwisata Solo Raya dalam menarik wisatawan luar untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. Dimana dengan ramainya wisatawan baik lokal maupun luar dapat menaikkan ekonomi penduduk sekitar dan mampu mengurangi jumlah pengangguran.


3. Dibidang Bisnis


Bahasa Inggris sangat potensial dalam pengembangan suatu usaha mengingat di era globalisasi, seorang wirausaha dituntut untuk mampu bersaing secara global. Selain itu di era yang serba cepat ini, mengajak para wirausahawan untuk berkompetisi tiada henti. Jadi, kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Seorang wirausahawan harus pandai dan berani memandang, melahirkan, dan memaksimalkan peluang yang ada. Dalam mengembangkan usahanya, seorang pengusaha harus memiliki modal dan bekal yang cukup. Bahasa Inggris adalah salah satu bekal yang sangat potensial. Dengan menguasai Bahasa Inggris, akan berdampak baik pada usaha yang dirintis. Beberapa manfaat Bahasa Inggris dalam kewirausahaan antara lain writing business messages/ letters (surat menyurat, Email), business correspondence and reports (korespondensi dan menulis laporan), promotion and sales (promosi dan penjualan), customer service (pelayanan konsumen), communication at the workplace (berkomunikasi di tempat bekerja), international communication (komunikasi internasional), enriching references (memperkaya referensi).


Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penguasaan tentang Bahasa Inggris akan semakin membuka peluang besar bagi kita dalam mengembangkan Indonesia baik di bidang industri, wisata, bisnis dan masih banyak lagi. Dengan kata lain tanpa menguasai Bahasa Inggris terutama di era globalisasi adalah ketinggalan zaman.


Sumber :

Apriana, D. 2021. Pengaruh Bahasa Inggris Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Globalisasi Sebagai Peluang sekaligus Ancaman.


Dewi, K, S, K. 2019. Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris dalam Era Globalisasi Masa Kini.https://www.kompasiana.com/karinasofia13/5e4d18f0d541df2b1627e552/pentingnya-menguasai-bahasa-inggris-dalam-era-globalisasi-masa-kini




Fitriana, I. 2021. Menguasai Bahasa Inggris: Bekal Potensial Dalam Pengembangan Wirausaha. https://media.neliti.com/media/publications/171216-ID-none.pdf.


Noerhidayat, D,T. 2020. The Importance Of English In The Era Of Globalization.https://www.researchgate.net/publication/346442705_THE_IMPORTANCE_OF_ENGLISH_IN_THE_ERA_OF_GLOBALIZATION.



Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page