top of page

MENGENALI JENIS DAN MANFAAT TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA)

Halo sobat edu! Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati yang melimpah. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil rempah berkualitas yang banyak diimpor oleh negara-negara eropa, seperti jahe, kunyit, dan temulawak. Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah memanfaatkan tanaman rempah ini sebagai jamu tradisional. Jamu tradisional tidak hanya dimanfaatkan bagi orang sakit, tapi juga digunakan oleh orang sehat sebagai upaya pemeliharaan agar tetap sehat. Selain bisa menjadi obat, dengan kita membudidayakan rempah ini artinya kita sudah membuat lingkungan kita menjadi lebih asri.


Pada umumnya TOGA lebih banyak tumbuh liar. Akan tetapi, kini TOGA banyak dibudidayakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pengobatan tradisional. Pembudidayaannya pun tergolong cukup mudah karena tanaman TOGA tidak membutuhkan tempat yang luas.TOGA dapat tumbuh di pekarangan yang kecil atau ditanam dalam pot juga bisa.. Ada beberapa tanaman TOGA yang umumnya ditanam di Indonesia, antara lain :


1. Jahe

Sumber : freshplus62.com


Jahe merupakan komoditas pertanian yang memiliki peluang dan prospek yang cukup baik untuk dikembangkan di Indonesia. Jahe banyak dijajakan di penjual angkringan karena sifatnya yang bisa menghangatkan tubuh. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khasiatnya untuk mengatasi batuk, membangkitkan nafsu makan, mulas, sakit kepala, dan perut kembung membuat herbal yang satu ini banyak diminati.


2. Tanaman Kunyit


Sumber : assets.pikiran-rakyat.com


Jenis tanaman toga ini terkenal dalam dunia kuliner sebagai rempah dan pewarna makanan alami. Kunyit dipercaya memiliki khasiat anti-inflamasi yang telah terbukti dapat meredakan rasa ketidaknyamanan pada penderita arthritis. Selain itu kunyit juga dipercaya memiliki khasiat antikanker. Bahkan, penelitian terbaru menunjukan bahwa, kunyit sebagai obat dapat mengobati berbagai penyakit dermatologis dan radang sendi.


3. Temulawak

Sumber : kly.akamaized.net


Temulawak mudah untuk dibudidayakan di rumah sehingga menjadi jenis tanaman toga yang baik. Manfaatnya bagi kesehatan diantaranya: untuk mengatasi sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, nafsu makan, sembelit, sakit cangkrang, cacar air, sariawan, dan jerawat.


4. Kencur

Sumber : pasarnegeri.com


Kencur adalah tanaman bumbu sekaligus obat-obatan yang mudah dijumpai di rumah, Sehingga kencur menjadi jenis tanaman toga dapat dijadikan bumbu dapur hingga obat herbal. Secara ilmiah kencur merupakan tanaman obat terpenting karena khasiatnya sebagai ekspektoran, diuretika, dan stimulan. Manfaat kencur bagi kesehatan adalah sebagai pereda batuk, penyakit radang lambung, muntah, hingga demam.


5. Lidah Buaya

Sumber : pikpng.com


Lidah buaya dikenal sebagai tanaman aloe vera sering sekali digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat,menghilangkan ketombe, menghilangkan flek hitam pada wajah dan menutup pori-pori wajah yang besar. Selain itu, berbagai penyakit juga dapat dicegah dan diobati dengan lidah buaya diantaranya: melancarkan peredaran darah, membantu mempercepat proses penyembuhan pasca operasi, menyembuhkan TBC Asma Batuk, anti peradangan dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.


Nah itulah macam-macam tanaman TOGA yang banyak ditanam oleh masyarakat. Dengan mengkonsumsi dan menanam tanaman TOGA maka kesehatan akan terjaga dan lingkungan kita bisa semakin asri. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini kesehatan menjadi hal yang penting untuk dijaga. Yuk mulai menanam tanaman TOGA.


Sumber :

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page