top of page

5 Alasan Penting Belajar Bahasa Inggris

Jurnalis : Ra Niyatul Falah


Sumber : (Liputan6.com)


Halo sobat Edu! Kalian pasti tidak asing mendengar nama Bill Gates, Jeff Bezos, dan Mark Zuckerberg. Mereka bertiga adalah jajaran orang terkaya di dunia sebagai pendiri Microsoft, Amazon, dan Facebook. Nah, bagaimana dengan nama Jack Ma? Nama Jack Ma sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan Jack Ma bisa dikategorikan sebagai orang terkaya di dunia. Jack Ma merupakan pendiri e-commerce di China yaitu Alibaba yang membawahi platform belanja online seperti Taobao, Tmall, dan Aliexpress.


Tidak hanya kemampuannya di bidang e-commerce, Jack Ma juga mahir dalam berbicara Bahasa Inggris. Hal ini berawal pada tahun 1980 dimana Jack Ma bertemu dengan David Morley yang datang sebagai turis di Hangzhou bersama ayahnya. Sebagai pemandu wisata, secara tidak langsung Jack Ma diharuskan bisa menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Dari sinilah kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu pembuka jalan untuk bisnisnya yaitu Alibaba yang sekarang terkenal di seluruh dunia.


Seperti yang dilansir dalam bamboo cyberschool, Jack Ma menyatakan bahwa “Bahasa sangatlah penting, bahasa sangat membantu dalam kemajuan teknologi atau AI (Artificial Intelligence). Orang-orang bilang, saya tidak perlu belajar Bahasa Inggris, Russia, atau pun Jepang. Hanya pakai alat sederhana bisa menerjemahkan bahasa dengan cepat.”


Jack Ma pun melanjutkan “Tidak. Itu bukan hanya tentang bahasa saja, namun tentang budaya. Saat kamu mulai belajar bahasa asing, kamu akan mengerti budaya asing. Kamu mulai menghargai dan menghormati budaya asing. Ketika kamu bisa menghargai dan menghormati budaya asing, maka kamu pun akan dihargai dan dihormati oleh masyarakat asing. Lalu kamu bisa bekerja sama”.


“Saya belajar Bahasa Inggris secara otodidak saat saya masih kecil. Saya tidak pernah mendapatkan satu hari pun kelas pelatihan Bahasa Inggris di luar China. Namun saya rasa, saya mengerti budaya barat lebih dari orang China yang belajar ke Luar Negeri. Karena saya tidak hanya belajar bahasa, tapi saya juga mempelajari budaya. Apabila kamu menghargai dan menghormati budaya dari orang lain, akan mudah untuk mendapatkan teman. Apabila kamu tidak menyukai budaya orang lain, kamu tidak akan mendapatkan teman. Kalau kamu tidak punya teman, bagaimana kamu dapat membuat bisnis?” Jelas Jack Ma.


Seperti Jack Ma yang memiliki alasan untuk belajar Bahasa Inggris karena bahasa asing sangat penting. Selain itu Jack Ma juga menekankan bahwa ia tidak hanya belajar bahasa, tetapi juga mempelajari budaya. Tentunya kita juga mempunyai motivasi atau alasan yang kuat untuk menandakan bahwa seseorang sudah mengetahui tujuan dari suatu hal yang dilakukan, salah satunya dengan mempelajari Bahasa Inggris. Banyak orang yang ragu dan merasa kurang percaya diri dalam belajar Bahasa Inggris, karena mereka merasa tidak memiliki tujuan yang jelas dan kuat. Oleh karena itu dengan adanya artikel berikut bisa menjadi salah satu alasan kita untuk belajar Bahasa Inggris, mari kita simak alasan belajar Bahasa Inggris berikut:


1. Bahasa Internasional

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan di 53 negara di dunia dan dianggap sebagai bahasa kedua di berbagai negara. Hal ini lah yang membuat Bahasa Inggris sangat layak disebut Bahasa Internasional. Banyak negara yang mendorong masyarakatnya untuk mempelajari Bahasa Inggris. Bahkan ada negara yang memasukkan Bahasa Inggris kedalam kurikulum pendidikannya termasuk Indonesia.


2. Mengikuti Perkembangan Zaman

Pada zaman yang terus berkembang ini membuat banyak hal menjadi semakin maju. Oleh karena itu, kenyataan ini seolah memaksa kita untuk bersama-sama mengikuti alur kemajuan ini sebaik mungkin agar kita tidak dianggap kolot oleh orang lain. Maka, disinilah salah satu alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris sejak dini. Dengan mempelajari Bahasa Inggris, tentu kita akan semakin jelih dalam perkembangan zaman. Karena secara tidak langsung kiblat kemajuan zaman itu berada di negara-negara barat. Dimana biasanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai standar bahasanya.


3. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Hampir semua alat-alat teknologi ataupun gadget keluaran terbaru selalu menggunakan Bahasa Inggris dalam penggunaannya. Selain itu media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram pun juga menyediakan fitur berbahasa Inggris. Bahkan buku tutorial yang notabenenya sebagai buku petunjuk dalam penggunaan alat-alat teknologi tersebut pun tak jarang juga selalu menggunakan Bahasa Inggris. Oleh karena itu, disinilah alasan pentingnya belajar Bahasa Inggris. Dengan mempelajari Bahasa Inggris, tentu hal itu akan sangat membantu kita dalam memahami teknologi secara baik dan benar. Pandangan kita akan teknologi-teknologi yang semakin hari semakin maju pun secara langsung akan terbuka dengan lebar.


4. Meneruskan Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

Setiap orang pasti menginginkan untuk dapat melanjutkan pendidikannya di jenjang yang lebih tinggi. Maka, ini bisa menjadi salah satu alasan penting kenapa kita harus belajar bahasa Inggris. Dimana kita tahu bahwa seluruh Universitas di Indonesia menerapkan nilai TOEFL yang tinggi sebagai standar kelulusan sesuai penerapan dari Universitas masing-masing. Tidak hanya itu untuk dapat lolos dalam beasiswa ke Luar Negeri kita juga harus pintar berbahasa Inggris seperti Cinta Laura, Maudy Ayunda, dan Jerome Polin. Bisa juga dalam beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai syarat penerimaan mahasiswa baru.


5. Meningkatkan Karier

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu aset yang penting dan berharga di tingkat profesional untuk mengembangkan karier. Pasalnya, kemajuan ekonomi dunia yang semakin lama semakin mengglobal serta interaksi dengan orang-orang dari berbagai macam sudut dunia menjadi salah satu hal penting dan berharga untuk bisa dilakukan. Kemampuan kita dalam menguasai Bahasa Inggris tentu akan mengantar kita dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan perusahan dari berbagai bidang tersebut. Kita bisa meningkatkan karir dengan menjadi perwakilan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dari Indonesia, bekerja di Nasa, bahkan bisa bekerja di FBI (Federal Bureau of Investigation).

Yukk…Jangan lelah untuk selalu belajar Bahasa Inggris. Siapa tahu ada salah satu alasan kita yang sesuai dengan ulasan diatas. Melalui alasan tersebut bisa menjadi jalan kita juga untuk menjadi orang sukses seperti Jack Ma.


Sumber:

Anonim. (2020). 15 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris. https://squline.com/pentingnya-belajar-bahasa-inggris/

Cermati.com. (2018). Bagaimana Cara Jack Ma Membangun Bisnis Alibaba? https://www.cermati.com/artikel/bagaimana-cara-jack-ma-membangun-bisnis- alibaba.

Gunadi, S. (2020). Belajar Bahasa Inggris ala Jack Ma https://www.kompasiana.com/sutiono/5f329dc0d541df500574bce2/belajar- bahasa-inggris-ala-jack-ma

Ika. (2020). 7 alasan belajar bahasa inggris. https://stanbrain.com/7-alasan-belajar- bahasa-inggris/.



Comments


bottom of page