top of page

5 Kunci Meningkatkan Skill Berbicara Bahasa Inggris

Jurnalis : Ra Niyatul Falah

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh siswa di Indonesia adalah skill berbicara Bahasa Inggris yang tidak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris dipelajari hanya sebatas mata pelajaran wajib pendidikan formal. Dengan kata lain Bahasa Inggris diajarkan karena diberikan dalam kurikulum sebagai mata pelajaran. Mengingat Bahasa Inggris tidak menjadi suatu kebutuhan wajib dalam berkomunikasi sehari-hari di masyarakat. Sehingga hal tersebut menjadi permasalahan utama siswa tidak berani menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.


Selain itu disebabkan juga karena kebiasaan atau seberapa sering penerapan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, semakin sering kita berbicara Bahasa Inggris maka semakin baik (fluent) kemampuan berbicaranya. Sebaliknya semakin jarang berbicara dengan Bahasa Inggris, semakin berkurang kemampuan berbicaranya yang berpengaruh pada lemahnya keberanian siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Jika kondisi seperti ini terus berlangsung, maka kemampuan Bahasa Inggris orang Indonesia tidak akan mengalami perubahan. Hal ini berbeda dengan orang asing yang tinggal di negara-negara berbahasa Inggris yang harus menguasai bahasa tersebut supaya bisa berkomunikasi atau berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.


Dibutuhkan solusi yang bisa dilakukan dalam membumikan atau mengintegrasikan Bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari. Adanya solusi ini diharapkan mampu merasakan manfaat belajar Bahasa Inggris secara langsung dan kemampuan dalam berbahasa Inggris meningkat. Mari kita simak ulasan berikut terkait kunci meningkatkan skill berbahasa Inggris.


  1. Jangan pedulikan grammar

Ketika harus bicara dalam Bahasa Inggris, hal pertama yang harus dilakukan adalah melupakan masalah benar tidaknya grammar. Karena jika terlalu fokus memikirkan grammar, bisa-bisa jadi tidak fokus ke obrolannya. Akhirnya jadi tidak percaya diri dan obrolan jadi tidak mengalir (stuck). Lebih baik memberanikan diri untuk bicara spontan. Bahkan, fpreigeners tidak memperdulikan soal grammar ketika lagi berbicara. Jadi, jangan takut salah, coba aja dulu!


2. Perbanyak Vocabulary dan Pelajari Pronunciation-nya


Tambah kosakata Bahasa Inggris dengan cara yang disukai dan semenarik mungkin. Misalnya dari musik, film, ataupun game. Usahakan setiap hari punya target untuk belajar vocab supaya perbendaharaan kata semakin luas. Tulis kata yang belum dimengerti, cari artinya di kamus, lalu ucapkan!


Biasanya, kamus daring punya fitur pronunciation Setiap kali mencari kata baru di kamus daring, pasti muncul tombol berupa speaker di sebelah kata tersebut. Jika di klik, maka akan terdengar cara pengucapan yang benar dalam Bahasa Inggris.


Belajar dari musik atau film pasti lebih menyenangkan dan lebih semangat serta mendukung dalam belajar Bahasa Inggris. Ketika muncul kata yang tidak dipahami, belajarlah dari cara penyanyi atau aktor ketika bernyanyi dan berdialog. Dengan begitu, jadi makin terbiasa mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris.


3. Berbicara dengan Diri Sendiri dan Jangan Lupa di Record


Jangan malu untuk melakukan self-talk ya. Kepercayaan diri juga bisa tumbuh karena sering bicara dengan diri sendiri, ungkapkan cerita apapun menggunakan Bahasa Inggris. Kamu juga bisa ngomong di depan kaca kok! Sambil berbicara, rekam suaramu, lalu dengarkan dan kamu bisa memperbaiki pronunciation yang masih kurang sesuai.


4. Kunjungi Event yang Berkaitan dengan Bahasa Inggris


Kunjungi event yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Misalnya, event musik atau seni, bahkan seminar internasional. Selain itu manfaatkanlah media sosialmu sebaik mungkin untuk melatih skill berbicara Bahasa Inggris melalui Instagram, Youtube, Twitter, Facebook, Tiktok. Masih banyak lagi media belajar sederhana yang bisa menjadi fasilitas dalam mempermudah belajar Bahasa Inggris. Jalinlah komunikasi dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama denganmu. Selain pengalaman, kemampuan bersosialisasi dalam bahasa Inggrismu pun dijamin bertambah.


5. Cari teman bicara


Selain rutin melakukan self-talk, mengajak teman untuk menjadi lawan bicara itu berguna lho. Usahakan untuk mengobrol sehari-hari dengannya menggunakan Bahasa Inggris baik melalui chat ataupun telepon. Cara ini akan terasa lebih menyenangkan karena kamu dapat berinteraksi langsung dengan orang lain.


Bukalah topik baru dengan teman sebaya atau native speaker. Kamu juga dapat meminta tolong untuk saling belajar dan sharing seputar kata-kata yang kamu gunakan selama berdiskusi. Dengan begitu, kamu akan membiasakan diri berpikir dengan Bahasa inggris dan mengatakannya.


Mungkin dari ulasan diatas terkait kunci meningkatkan skill berbicara Bahasa Inggris tersebut menjadi obat yang manjur dalam membantu siswa untuk lebih berani berbicara Bahasa Inggris.


Sumber :

Cakap. 2020. Tingkatkan English Speaking Skills dengan Tips Ini!.https://blog.cakap.com/tips-meningkatkan-english-speaking-skills/





Comments


bottom of page