top of page

Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa

Jurnal : Ra Niyatul Falah


Jangan menyerah! (Sumber: Kenny Olowu)


Bagaimana pembelajaran dikatakan efektif? pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama, atau hasil belajar yang diinginkan. Menurut Joan Midden-fort dalam Soekartawi memberikan saran tentang bagaimana cara meningkatkan efektivitas mengajar yaitu:

  1. Menyiapkan bahan pengajaran Bahasa Inggris dengan maksimal dan kreatif.

  2. Selalu memberikan motivasi yang membangun sebelum memulai pembelajaran Bahasa Inggris.

  3. Tumbuhkan antusias dalam diri pengajar.

  4. Menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan siswa agar lebih terbiasa berbicara Bahasa Inggris ketika pembelajaran.

  5. Perbaiki terus isi atau kualitas bahan ajar.



Hal ini sejalan dengan pendapat Kholid dimana motivasi berhubungan dalam pencapain belajar bahasa, termasuk dalam belajar Bahasa Inggris. Motivasi memegang peran penting dalam mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris. Mampu mendorong individu atau kelompok untuk lebih aktif dalam belajar maupun berusaha. Berkaitan dengan rasa antusias yang dapat meningkatkan prestasi individu atau kelompok. Dalam meningkatkan motivasi juga memerlukan peran orang tua untuk menumbuhkan semangat belajar siswa sejak dini.


Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar Bahasa Inggris pada sekolah di Indonesia adalah minimnya motivasi belajar siswa. Guru jarang memberikan motivasi kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Mulai dari membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam berbahasa Inggris, Sehingga mampu meningkatkan ke mampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris.


Rendahnya kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia juga disebabkan karena siswa menganggap bahwa pelajaran Bahasa Inggris kurang menyenangkan. Banyak siswa yang beranggapan bahwa belajar Bahasa lnggris itu sulit. Seringkali siswa merasa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran itu sehingga membuat suasana hatinya kurang mendukung untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Peran guru disini yaitu dengan memberikan media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa lebih termotivasi untuk mempelajari Bahasa Inggris melalui penampilan film berbahasa Inggris dengan LCD proyector , tebak gambar, teka-teki silang , LKS, English Corner dan masih banyak lagi.


Selain upaya peningkatan keefektivan pembelajaran Bahasa Inggris melalui guru, siswa juga mampu mengupayakan secara mandiri dalam peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris. Apalagi di zaman teknologi yang serba canggih membuat para siswa terutama generasi milennial dapat dengan mudah mengakses internet untuk belajar Bahasa Inggris dengan melihat iklan di televisi atau sosial media.


Bahkan sekelas BTS aja yang sudah go Internasional ga pernah berhenti buat belajar Bahasa Inggris di tengah kesibukan mereka lo... Yukk kita para generasi milennial mencontoh kegiatan baik yang dilakukan para member BTS ^_^.


Sumber :

Anonim. (2021). motivasi belajar kurang sehingga berpengaruh pada keefektifan pembelajaran bahasa inggris. http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3350/2/BAB%201.pdf

Ray, M. (2019). The Effect of Learning Motivation on Students’ English Learning Achievment at MTs Hifzhil Qur’an Islamic Centre Foundation.http://repository.uinsu.ac.id/7195/1/Full%20Thesis%20PDF.pdf

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas.Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 01, http://repository.unpas.ac.id/12994/4/BAB%20II.pdf


Comments


bottom of page