top of page

Korelasi Motivasi Belajar dengan Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Siswa di Indonesia

Jurnalis : Ra Niyatul Falah


Sumber : (englishlive.ef.com)


Bagaimana pembelajaran dikatakan efektif? pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mempelajari sesuatu yang bermanfaat seperti fakta, keterampilan, nilai, konsep, dan bagaimana hidup serasi dengan sesama, atau hasil belajar yang diinginkan. Joan Midden-fort dalam Soekartawi memberikan saran tentang bagaimana cara meningkatkan efektivitas mengajar, yaitu:

  1. Menyiapkan bahan pengajaran Bahasa Inggris dengan maksimal dan kreatif.

  2. Selalu memberikan motivasi yang membangun sebelum memulai pembelajaran Bahasa Inggris.

  3. Tumbuhkan antusias dalam diri pengajar.

  4. Menciptakan kesempatan untuk berkomunikasi dengan siswa agar lebih terbiasa berbicara Bahasa Inggris ketika pembelajaran.

  5. Perbaiki terus isi atau kualitas bahan ajar.


Hal ini sejalan dengan pendapat Kholid dimana motivasi berhubungan dengan pencapain belajar berbahasa, salah satunya Bahasa Inggris. Motivasi memegang peran penting dalam mempelajari dan menguasai Bahasa Inggris. Hal ini mampu mendorong individu atau kelompok untuk lebih aktif dalam belajar maupun berusaha. Berkaitan dengan rasa antusias yang dapat meningkatkan prestasi individu atau kelompok, maka peran orang tua juga diperlukan dalam proses menumbuhkan motivasi serta semangat belajar siswa sejak dini.


Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar Bahasa Inggris pada sekolah di Indonesia adalah minimnya motivasi belajar. Guru kurang memberikan motivasi kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan belajar dapat berupa membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan dalam Bahasa Inggris. Dari kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris.


Rendahnya kemampuan berbahasa Inggris di Indonesia juga disebabkan karena siswa menganggap bahwa pelajaran tersebut kurang menyenangkan. Banyak siswa yang beranggapan bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit. Sering kali siswa merasa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran tersebut. Sehingga membuat suasana hati kurang mendukung untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Peran guru disini yaitu dengan memberikan media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa lebih termotivasi untuk mempelajari Bahasa Inggris. Pembelajaran melalui penampilan film berbahasa Inggris dengan LCD proyektor, tebak gambar, teka-teki silang, LKS, English Corner, dan masih banyak lagi dapat meningkatkan minat belajar siswa.


Selain upaya peningkatan keefektifan pembelajaran Bahasa Inggris melalui guru, siswa juga mampu mengupayakan secara mandiri dalam peningkatan motivasi belajar Bahasa Inggris. Apalagi di zaman teknologi yang serba canggih membuat para siswa terutama generasi millennial dapat dengan mudah mengakses internet untuk belajar. Belajar bisa dari mana saja dan di mana saja, terkadang tanpa kita sadari kita sudah belajar Bahasa Inggris dengan melihat iklan di televisi atau sosial media. Belajar juga bisa menyesuaikan dengan minat ataupun keinginan kita, misalnya ingin berpergian ke luar negeri dimana bahasa yang digunakan dalam mempermudah komunikasi. Selain itu, bila ingin mengikuti student exchange kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dan termasuk persyaratan ketika mengikutinya.


Generasi milenial tentunya tidak asing dengan dunia K-Pop salah satunya BTS. Dimana salah satu member BTS yaitu RM (Kim Nam-joon) yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris lebih fasih dibanding member lain. Setiap acara ataupun wawancara berbahasa Inggris, RM menjadi juru bicaranya. Kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki RM tidak semata-mata datang begitu saja, pastinya melalui proses yang cukup panjang. Lalu, bagaimana tips belajar Bahasa Inggris versi RM? Dilansir dari teenvogue.com, kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki RM ini ternyata bermula dari menonton film Friends. Bahkan ibunya membelikan 10 DVD dengan berbagai episode. Perlahan ia kemudian mulai belajar mengenal bahasa Inggris.


Masih mau mengeluh lagi untuk belajar Bahasa Inggris. Bahkan sekelas BTS aja yang sudah go Internasional tidak pernah berhenti buat belajar Bahasa Inggris di tengah kesibukan mereka loh! Yukk...kita para generasi millennial mencontoh kegiatan baik yang dilakukan para member BTS.



Sumber :

Anonim. (2021). motivasi belajar kurang sehingga berpengaruh pada keefektifan pembelajaran bahasa inggris. http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3350/2/BAB%201.pdf

Ray, M. (2019). The Effect of Learning Motivation on Students’ English Learning Achievment at MTs Hifzhil Qur’an Islamic Centre Foundation.http://repository.uinsu.ac.id/7195/1/Full%20Thesis%20PDF.pdf

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas.Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 01, http://repository.unpas.ac.id/12994/4/BAB%20II.pdf


Comments


bottom of page