top of page

Merasa Kesulitan Belajar Bahasa Inggris? Ubah Kebiasaanmu Sekarang!

Jurnalis : Ra Niyatul Falah


Sumber : https://tv-english.club/articles-en/discover-great-britain-en/the-best-way-for-the-studying-of-english-language/


Kesulitan dalam menjalani proses belajar wajar saja terjadi. Kesulitan yang dialami terutama bagi generasi millenial adalah kebiasaan bermalas-malasan. Dimana kebiasaan tersebut bisa dikatakan sudah mendarah daging bagi sebagian millenial. Bukankah begitu sobat Edu? Kesulitan juga dirasakan ketika belajar Bahasa Inggris dimana merupakan bahasa asing yang sulit diucapkan menggunakan lidah Indonesia. Walaupun sulit namun bukan berarti kamu harus menyerah di tengah jalan. Justru kesulitan tersebut akan semakin menarik karena menjadi tantangan yang harus dihadapi.


Masalah dalam belajar Bahasa Inggris bisa beragam. Bisa atau tidaknya kamu menghadapinya tergantung dengan bagaimana kamu mampu merubah kebiasaanmu? Layaknya seorang Dokter, kamu pun juga harus mahir dalam mendiagnosis kebiasaan apa saja yang menyebabkan kesulitan dalam belajar terutama belajar Bahasa Inggris? Yuk ketahui apa saja kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris yang biasa dihadapi serta kebiasaan yang harus diubah!


1. Kurang Percaya Diri

Rasa tidak percaya diri merupakan hal yang biasa dialami ketika baru belajar Bahasa Inggris, apalagi ketika harus berbicara Bahasa Inggris. Rasa tidak percaya diri ini muncul karena takut atau malu ketika melakukan kesalahan pada saat mengungkapkan Bahasa Inggris Semua orang juga mulai belajar dari awal dan juga melakukan kesalahan. Kepercayaan diri hanya bisa didapatkan dari diri sendiri.

Untuk membangun rasa percaya diri dalam belajar Bahasa Inggris yaitu jangan pernah takut salah. Seperti unggahan Youtube Wirda Mansur, ia mengatakan “ Meskipun salah, ya nggak apa-apa. Namanya juga belajar, ya gak? Nah yang perlu diingat, belajar bahasa Inggris bukan untuk sombong dan lain-lain. Pasalnya, kalau hanya untuk sombong, justru ilmunya nggak berkah”.


2. Keterbatasan Waktu untuk Belajar

Masalah ini seringkali dialami bagi kamu yang sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lain yang membutuhkan banyak waktu. Sehingga waktu untuk mulai belajar pun menjadi sangat terbatas. Sepulang kerja kamu sudah lelah dan ingin beristirahat, tapi itu bukan hambatan untuk bisa tetap belajar. Ada banyak cara bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu, karena belajar bahasa Inggris tidak selalu harus di kelas dan beberapa jam.


Cara belajar yang efektif justru meluangkan sedikit waktu namun sering. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk belajar di mana saja. Kapanpun kamu memiliki waktu luang entah itu saat makan siang, pagi hari setelah bangun tidur, maupun sebelum tidur. Cukup 15 menit untuk membaca bacaan atau menghafalkan vocabulary menggunakan kamus elektronik sudah cukup untuk menambah ilmu. Bisa juga menggunakan teknik pomodoro, dimana teknik ini adalah teknik fokus dengan interval selang waktu. Melalui teknik ini kamu harus fokus dalam selang waktu tertentu, contohnya 25 menit. Setelah waktu habis, kamu diharuskan istirahat selama 5 menit. Cara ini dilakukan sebanyak 4 babak, setelah itu kamu bisa beristirahat lebih lama asal tidak lebih panjang daripada waktu untuk fokus.


3. Tidak Kunjung Hafal Vocabulary

Pelajaran dasar yang harus dipelajari adalah kosakata atau vocabulary. Semakin banyak kosakata maka lebih mudah kedepannya untuk merangkai kalimat dan percakapan. Tapi tidak mudah memang untuk menghafalkan kata asing yang harus diterjemahkan. Jika tak kunjung hafal maka metode yang kamu lakukan saat ini salah.

Untuk bisa hafal ada beberapa cara yang bisa dipilih. Pertama membuat sticky notes di seluruh benda yang ada dalam kamar. Tuliskan nama-nama benda supaya mudah diingat. Kedua menghafalkan satu per satu dengan target yang harus dicapai per minggunya menggunakan kamus elektronik. Ketiga, kamu juga bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris dasar untuk menghafalkannya.


4. Kesulitan dalam Pelafalan

Mengucapkan bahasa asing akan terasa sulit di lidah, kamu mungkin sudah hafal di kepala tetapi ketika sulit mengucapkannya. Soal pelafalan ini kamu bisa mempelajarinya saat menghafalkan kosakata. Bukan hanya sekedar hafal, tetapi juga harus mampu mengucapkannya dengan benar. Pada kamus elektronik kamu bisa mendengarkan suara dari native speaker.


Setelah mendengarkan, coba untuk mengucapkan sendiri tetapi sambil direkam. Dengarkan pelafalan yang kamu lakukan kemudian ulangi hingga mirip. Peningkatan belajar yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan percakapan dengan teman atau native speaker. Mintalah pendapat mereka tentang pelafalan yang sudah kamu lakukan. Bisa juga dengan melihat konten-konten berbahasa Inggris di Youtube.


5. Takut Belajar Grammar

Hampir semua orang merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris pada materi grammar. Banyak aturan yang harus diingat ketika menggunakan kata kerja, kata benda, serta rumus present, past, continuous, dan future tense. Bagaimana mengatasinya? Tidak perlu takut belajar grammar, karena lebih mudah jika kamu sudah menguasai banyak vocabulary.


Belajar grammar bukan sekedar menghafalkan rumus seperti cara menghafalkan kosakata. Namun cara belajar yang efektif justru dengan mengerjakan latihan soal yang dapat didapatkan dengan mudah dan gratis di Google. Di dalam latihan soal itu kamu akan melatih kepekaan dalam grammar yang salah dan benar. Semakin sering mengerjakan soal maka akan semakin mudah kamu memahami tentang grammar .


6. Sulit Menerjemahkan

Kesalahan terbesar ketika belajar Bahasa Inggris adalah menerjemahkan bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris baru mengucapkannya. Sebaliknya ketika melakukan percakapan kamu harus menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan ke Bahasa Inggris lagi. Perlu waktu lama hingga akhirnya kamu bisa menjawab pertanyaan seseorang, untuk itu metode belajar harus diubah.


Mulailah untuk membaca buku ataupun menonton film berbahasa Inggris. Bisa juga ketika melakukan kegiatan mencuci pakaian, saat menyalakan mesin cuci, kamu bisa mengatakan “I will return on the washing machine”. Begitu juga dengan keadaan lainnya coba mulai gunakan Bahasa Inggris hingga terbiasa.


7. Tidak Memiliki Teman untuk Berlatih

Banyak sekali orang yang berhenti belajar Bahasa Inggris karena tidak memiliki teman untuk berlatih. Padahal ini sangat penting dan mencari teman saat ini tidak sulit apalagi tujuannya sama-sama untuk menguasai Bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan aplikasi belajar yang menghubungkan ke banyak orang. Sekarang ini juga banyak teknologi yang lebih maju, selain bisa Belajar Bahasa Inggris kamu juga bisa menambah relasi seperti aplikasi Ome Tv.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah kesadaran teman-teman dan mengubah kebiasaan supaya tidak merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Semangat….Tidak ada yang sia-sia dalam belajar yang ada hanyalah keberkahan.

Sumber

Adminmanager. 2020. 7 Kesulitan Dalam Belajar Bahasa Inggris Dan Solusinya. https://westwoodprep.com/id/kesulitan-dalam-belajar-bahasa-inggris/.

Permesti, L. 2016. Tips Lancar Berbahasa Inggris ala Wirda Mansur. https://www.dunialingga.com/2016/09/tips-lancar-berbahasa-inggris-ala- wirda-mansur.html.

Ruangguru.2021. Teknik Pomodoro, Teknik Belajar yang Dapat Bantu Tingkatkan Konsentrasimu.https://www.ruangguru.com/blog/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-dapat-bantu-tingkatkan-konsentrasimu.

Comentários


bottom of page