top of page

Metode apa yang Ampuh Untuk Meningkatkan Potensi Siswa Dalam Mempelajari Bahasa inggris ?

Jurnalis : Ra Niyatul Falah


Foto 15 Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Cepat (kumparan.com)


Sejatinya, kemampuan besar manusia dibagi menjadi dua kemampuan yaitu kemampuan aktual dan kemampuan potensial. Kemampuan aktual yaitu kemampuan yang ada saat ini atau kemampuan yang sudah teraktualisasikan. Sedangkan, kemampuan potensial didefinisikan sebagai kemampuan yang belum tergali atau belum teraktualisasikan. Berdasarkan hal tersebut siswa tentunya memiliki kemampuan potensial yang dapat dikembangkan dan dipelajari terutama dalam penguasaan berbahasa Inggris. Dimana definisi dari potensi peserta didik/siswa adalah kapasitas atau kemampuan dan karakteristik atau sifat individu yang berhubungan dengan sumber daya manusia yang memiliki kemungkinan dikembangkan dan atau menunjang pengembangan potensi lain yang terdapat dalam diri peserta didik/siswa.

Lalu apa yang dapat dilakukan untuk menjembatani peningkatan potensi siswa dalam mengembangkan dan mempelajari Bahasa Inggris?Dan apa pemilihan metode yang cocok untuk diterapkan kepada siswa dalam mengembangkan dan mempelajari Bahasa Inggris? Untuk itu dengan adanya artikel ini bertujuan untuk mengulas lebih lanjut terkait permasalahan tersebut.

Meningkatkan potensi siswa dalam mengembangkan dan mempelajari Bahasa Inggris tidak luput dari campur tangan orang tua dalam mengenalkan pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini melalui pembiasaan berbicara menggunakan Bahasa Inggris, memperdengarkan dan memperlihatkan nyanyian dan film berbahasa Inggris. Sedangkan kehadiran guru dalam proses belajar mengajar atau pengajaran memegang peranan penting. Peranan guru dalam proses pengajaran belum dapat digantikan oleh mesin, radio, tape recorder ataupun oleh komputer yang paling modern sekalipun. Masih terlalu banyak unsur-unsur manusiawi seperti sikap, sistem, nilai, perasaan, motivasi, kebiasaan dan lain-lain yang diharapkan merupakan hasil dari proses pengajaran, tidak dapat dicapai melalui alat-alat tersebut. Dalam proses pembelajaran, guru sangat penting peranannya, peran guru yang cukup seperti memberikan contoh bagaimana Bahasa Inggris yang baik (model); memberikan motivasi agar siswa senang belajar Inggris (motivator); memfasilitasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris (fasilitator); menjadi partner dalam kegiatan belajar; mengevaluasi Bahasa Inggris siswa (evaluator); dan memantau penggunaan Bahasa Inggris siswa (monitor).

Namun penetrasi penggunaan Bahasa Inggris dengan baik dan benar di Indonesia masih sangat rendah, yaitu di bawah delapan persen. Padahal Bahasa Inggris membawa nama Indonesia lebih dikenal di dunia internasional karena potensi yang dimiliki negeri ini dapat dikomunikasikan dengan baik menggunakan bahasa internasional tersebut. Sebenarnya ada banyak cara atau metode yang lebih sederhana namun efektif yang dapat diterapkan kepada siswa secara individu untuk meningkatkan potensi dalam mengembangkan dan mempelajari Bahasa Inggris yang bisa ditempuh yaitu:

1. Membaca

Cara pertama untuk mengasah kemampuan dalam berbahasa Inggris adalah dengan banyak membaca literatur dalam bahasa Inggris. Jika Anda suka mengikuti berita atau gosip seputar dunia selebriti di koran dan majalah, lebih baik bisa membiasakan diri untuk membaca berita dari situs-situs luar negeri. Jika penggemar novel atau komik, cobalah baca novel fiksi dan komik yang berbahasa Inggris. Bisa juga melalui ebook yang bisa dibaca kapan saja dari internet, dengan harga murah maupun gratis dan tidak menghabiskan biaya yang besar dibanding harus membeli buku berbahasa Inggris yang dicetak di atas kertas.

2. Mengamati

Yang dimaksud mengamati disini tentu saja mengamati segala hal yang berhubungan dengan Bahasa Inggris di lingkungan sekitar. Perhatikan film-film berbahasa Inggris yang ditonton, dan cobalah untuk lebih menghayati dialognya tanpa terlalu sering melirik subtitle. Perhatikan cara pengucapan, kosakata, atau penggunaan frase-frase tertentu dalam berbagai konteks yang diucapkan para aktor dan aktris dalam film. Mencari tahu arti lirik lagu-lagu favorit juga akan membantu untuk menambah perbendaharaan kata dengan cara yang menyenangkan.

3. Menulis

Setelah banyak membaca dan mengamati, sehingga pemahaman akan bahasa Inggris pastinya akan lebih meningkat. Tetapi ini masih termasuk dalam kategori pengguna Bahasa Inggris pasif. Untuk lebih meningkatkan kemampuan, cobalah untuk menulis dalam bahasa Inggris. Dimana bisa melatih diri dengan menerjemahkan curhatan yang biasa ditulis dalam diary atau review di blog ke dalam Bahasa Inggris. Tak masalah jika tata bahasa masih kacau. Yang penting bisa berlatih untuk membiasakan diri menggunakan bahasa asing.

4. Praktek berbicara

Tata bahasa yang bagus tak akan ada artinya kalau tidak pernah mempraktekkannya dalam percakapan. Karena tujuan dari bahasa adalah untuk berkomunikasi, maka harus belajar untuk mengkomunikasikan maksud secara lisan dalam bahasa Inggris. Kuncinya adalah berusaha agar orang lain mengerti apa yang telah disampaikan dalam Bahasa Inggris terlebih dahulu. Setelah terbiasa bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris, secara otomatis akan belajar untuk memperbaiki tata bahasa yang digunakan dalam berbicara.

5. Manfaatkan game dan media sosial

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Manfaatkan semua media sosial yang belajar Bahasa Inggris dengan mensetting akun Facebook, Instagram, dan Twitter dalam Bahasa Inggris. Mencari teman-teman dunia maya yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan sering-sering berinteraksi dengan mereka. Selain bisa menambah teman dari berbagai negara, berinteraksi dengan mereka akan memberikan kesempatan untuk mempelajari kosakata baru. Dengan munculnya game-game yang lebih modern dapat membantu siswa dalam meningkatkan potensi mengembangkan dan mempelajari Bahasa Inggris melalui.

6. Buat catatan kecil

Jika menemukan kosakata baru yang tidak diketahui artinya atau yang didengar, tak ada salahnya kalau membuat catatan kecil untuk membantu dalam mengingat dan mempelajari Bahasa Inggris dengan waktu yang lebih fleksibel.

Sederhana bukan?untuk mempelajari Bahasa Inggris ^_^. Ayo jangan berhenti untuk belajar mengembangkan potensi yang dimiliki, terutama dalam belajar Bahasa Inggris!

Sumber:

Aryanika, S. (2021) . MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: Studi pada Kelas Unggulan SMA Negeri I Metro Lampung. https://media.neliti.com/media/publications/56985-ID-manajemen-pembelajaran-bahasa-inggris-st.pdf

Mumpuni, Y. (2017). UPAYA MENINGKATKAN POTENSI PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI BAHASA Inggris DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DENGAN IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Jurnal Pendidikan. Vol XXI. No 1. Hal 37. https://core.ac.uk/download/pdf/229995927.pdf.

Setyorini, T. (2014). 6 Cara sederhana untuk tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris. https://www.merdeka.com/gaya/6-cara-sederhana-untuk-tingkatkan-kemampuan-berbahasa-Inggris.html


Comments


bottom of page