top of page

Pengenalan Pendidikan Lingkungan Hidup

Jurnalis : Nabila Athifah Zahra



Halo sobat edu, pernahkah sobat mendengar masalah-masalah terkait dengan lingkungan, seperti banjir, kebakaran hutan, tanah longsor? Bahkan saat ini isu global warming yang menyebabkan perubahan iklim secara besar-besaran juga sedang menjadi sorotan dunia. Sebenarnya apa yang menyebabkan ini semua terjadi, apakah karena alam ataukah ada campur tangan manusia? Mari lihat sejenak, masalah-masalah tersebut timbul karena perbuatan manusia sendiri yang tidak peduli terhadap lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara ilegal, dan lain-lain. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan. Manusia tidak sadar bahwa hidupnya juga bergantung pada lingkungan.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menangani dan mencegah masalah kurangnya kesadaran terhadap lingkungan ini? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan pendidikan lingkungan hidup. Tahukah sobat, apa Pendidikan Lingkungan Hidup itu? Secara bahasa, pendidikan merupakan pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan ke generasi berikutnya melalui pelatihan, pengajaran , atau penelitian. Pendidikan bertujuan untuk mengarahkan dan menuntun siswa dalam pengembangan soft skill maupun hard skill. Sedangkan lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia seperti alam, tanaman, hewan, dan memiliki hubungan timbal balik.

Jika digabungkan, Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan pembelajaran untuk memahami lingkungan disekitar kita. Pendidikan lingkungan hidup bertujuan untuk membangun kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dan segala masalah yang berkaitan dengannya. Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu faktor penting untuk meminimalisir kerusakan lingkungan hidup dan menjadi sarana dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Pendidikan Lingkungan hidup termasuk dalam pendidikan afektif atau tingkah laku. artinya belajar konsep saja tidak cukup, metode pembelajaran harus disertai aktualisasi atau praktik di kehidupan nyata. Dengan adanya pendidikan lingkungan hidup, manfaat yang bisa didapatkan antara lain:

  1. Dapat memberikan informasi-informasi kepada siswa-siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup

  2. Dapat memberikan kesadaran kepada siswa-siswa akan pentingnya lingkungan hidup.

  3. Dapat mengetahui seberapa besar rasa sensitifitas siswa-siswa terhadap kondisi lingkungan sekitarnya

  4. Memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku, motivasi dan komitmen, yang diperlukan untuk bekerja secara individu

Diharapkan dengan pendidikan lingkungan hidup bisa menjadi salah satu upaya dalam menjaga lingkungan dan bumi kita.


DAFTAR PUSTAKA





Comments


bottom of page